04 November 2008

ANALISIS ARTIKEL

Judul : Problematika Guru, Kapan Usai ?
Sumber : www.pendidikannetwork.com
Tujuan Penulis
Tujuan penulis dalam artikel ini adalah untuk menginformasikan atau menunjukan kepada masyarakat maupun pemerintah mengenai permasalahan-permasalaan yang tiap hari betmunculan dan harus dihadapi oleh seorang guru. Permasalahan tersebut diantaranya adalah rendahnya mutu pengajaran yang disebabkan karena beratnya beban yang diemban guru, minimnya fasilitas pembelajaran di sekolah, rendahnya kesejahteraan guru, dan minimnya jumlah guru yang tersedia serta manajeme pendidikan yang ala kadarnya yang dapat mengakibatkan kegiatan belajar mengajar (KBM) menjadi kurang maksimal.
Konsep Utama
Konsep utama atau point-point yang ada di dalam artikel ini antara lain adalah :
- Problematika rendahnya mutu pengajaran yang disebabkan karena dua hal yaitu, pertama, faktor internal dimana guru yang sejatinya sebagai tenaga professional yang terdidik dan terlatih belum mampu menunjukan kompetensi-kompetensi tersebut. Kedua, faktoe eksternal. Profesi guru, seperti diketahui adalah profesi yang mulia. Saking mulianya, guru, seringkali benar-benar mengabdikan dirinya untuk satu sekolah tertenu meskipun honor yang didapatkan sangat minim sekali bahkan lebih kecil daripada seorang buruh umumnya.
- Setidaknya ada lima kriteria yang harus dimiliki dan dilakukan oleh guru professional, yaitu menguasai materi kurikulum, mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari=hari, menguasai metodologi pengajaran dan evaluasi, serta bersikap disiplin, giat, dan loyal pada tugasnya sebagai guru.
- Terdapat empat masalah pokok yang sanagat penting yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Yaitu, perama, menentukan sasaran dari kegiatan belajar mengajar. Kedua, memilih cara pendekatan belajar mengajar yang dianggap palin efektif untuk mencapai sasaran. Ketiga, memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap tepat. Keempat, menetapkan norma-norma atau criteria keberhasilan sehingga guru mempunyai pegangan yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai sampai sejauhmana keberhasilan tugas-tugas yang dilakukanya.
- Melihat segala permasalahan, maka guru harus siap-siap menggapai segala tantangan dan problematika yang terus bermunculan. Yang penting adalah bukan bukan bagaimana cara menghindari masalah, tapi bagaimana memecahkan masalah dengan kepala dingin dan tenang tanpa dihinggapi suasana yang memanas. Sebab, disadari atau tidak, guru itu selayaknya patut dijadikan suri tauladan tidak hanya bagi anak-anak didiknya, tapi juga masyarakat dimana ia berada.

Permasalahan
Artikel ini dalam analisis saya terdapat beberapa macam kelemahan yang dilakukan oleh penulis artikel ini diantaranya adalah :
- Alur pembahasan materi yang meloncat-loncat, dimana seharusnya penulis membahas permasalahan-permasalahan yang telah dia ngkapkan di awal paragraph kedua karena judul artikel ini adalah problematika guru, namunpenulis justru sepertinya membahas materi yang berloncat-loncat tidak runtut seperti masalah yang dia ungkapkan.
- Kajian tekstual yang menyangkut konsep atau literature yang disertakan dalam artikel ini sudah cukup namun hanya masih sebatas pengertian atau masih dangkal, belum terlalu dieksplorasi oleh penulisnya.
- Penulis memberikan sedikit kajian religi dalam artikel yang dibuat olehnya, namun menurut saya kajian religi yang dia berikan masih sangat sedikit, padahal kajian reliji juga harus lebih banyak lagi dimasukan Karena artikel ini berhubungan dengan pendidikan atau seorang guru yang bisa dikaji lagi dari sisi religitas, karena di dalam al quran maupun al hadist juga banyak mengungkapkan tentang pendidikan. Selain itu juga negri ini mayoritas berpenduduk muslim sehingga mau tidak mau harus ada sentuhan nilai relugitas dalam segala aspek.
- Problem solving yang ditawarkan oleh penulis masih sedikit bahkan menurut saya masih terasa dangkal, belum ada konsep problem solving yang jelas yang diberikan oleh penulis tentang bagaimana guru harus bersikap dalam menghadapi permasalahan-perasalahan yang akan dia hadapi.
Refleksi Diri
Dalam artikel ini saya dapat mengetahui ternyata banyak sekali masalah-masalah yang dihadapi oleh seorang guru. Di dalam artikel ini meskipun belum sempurna penulis mengemukakan berbagai macam masalah sepertinya profesi seorang guru adalah profesi yang paling berat di muka bumi ini khususnya di Indonesia, apalagi ditambah dengan masih rendahnya penghargaan yang diberikan terhadap guru terutama dari sisi kesejahteraan. Jujur, hal ini membuat saya sedikit takut menjadi seorang guru, sempat juga terlintas dalam benak saya apakah pilihan untuk menjadi seorang guru ini merupakan pilihan yang salah karena tidak bisa memberikan jaminan masa depan yang jelas kecuali mungkin dia seorang guru pns, tapi iya kalau nanti saya menjadi guru pns, kalau saya hanya menjadi guru swasta, bahkan mengajar di pelosok daerah apakah nanti masa depan dan kesejahteraan saya bisa terjamin mengingat begitu banyak kebutuhan yang harus saya penuhi di masa yang akan dating apalagi jika saya nanti sudah berkeluarga?. Jujur sebelim membaca artikel ini pemikiran itu sudah selalu terngiang-ngiang dibenak saya apalagi ditambah membaca artikel ini rasa khawatir saya akan masa depan saya semakin memuncak. Tapi, meskipun begitu jujur akhir-akhir ini saya menjadi semakin pede memilih guru sebagai gantungan masa depan saya hal ini karena saya melihat perhatian pemerintah sudah mulai nampak terhadap seorag guru. Hal ini dapat dilihat dari program sertifiasi yang diadakan oleh pemerintah yang akan memberikan kompensasi yang lebih kepada guru yang berhasil lolos dari program sertifikasi. Meskipun hal ini masih kecil dari apa yang sebenarnya saya harapkan namun saya yakin di masa yang akan datang perhatian yang diberikan kepada seorang guru akan semakin besar. Hal ini semakin menebalkan keoptimisan saya bahwa di masa yang akan datang profesi guru akan diperebutkan oleh banyak orang melebihi profesi-profesi yang lainnya selainitu juga saya yakin kesejahteraan yang akan didapatkan oleh seorang guru di masa yang akan datang akan semakin meningkat sehingga saya yakin di masa yang akan datang profesi guru akan dapat digunakan sebagai mata pencaharian. Amin-Amin Ya Robbal Alamin.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP