16 Januari 2009

KAMPUNG RELIGI ITU MASIH ADA

Di tengah hiruk pikuk kota Surabaya yang sangat padat dan penuh dengan aktivitas duniawi untuk bertahan hidup dengan segala cara, terseliplah sebuah kampung yang mungkin bisa menjadi oase di tengah gersangnya aktivitas keagamaan warga Surabaya. Kampung itu bernama Lasem Barat Yang terletak di Kecamatan Krembangan dan Kelurahan Dupak.

Mendengar kata Lasem Barat, mungkin pikiran orang akan tertuju dengan wilayah lokalisasi seperti lokalisasi bangunsari dan lokalisasi kremil. Namun, sebenarnya pikiran dari orang-orang tidak salah karena memang faktanya kampung ini diapit oleh lokalisasi bangunsari dan lokalisasi kremil yang memang cukup terkenal di kota Surabaya selain lokalisasi dolly dan jarak. Meskipun diapit oleh lingkungan yang kurang mendukung karena dikepung oleh lokalisasi, namun jangan salah kampung ini tidak terpengaruh sedikitpun dengan keadaan di sekitarnya, malahan kampung ini laksana sebuah sumber mata air di tengah kekeringan yang ada di sekitarnya. Kampung ini berbeda dengan kampung-kampung di sekitarnya karena nilai keagamaan terutama agama islam yang mayoritas dianut oleh warga di sini sangat mendominasi keseharian waga di kampung ini.

Aktifitas keislaman di kampung ini didominasi oleh dua organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah, meskipun NU lebih mendominasi di daerah ini namun hal ini tidak menjadi halangan bagi warga di kampung ini untuk saling bekerja sama ketika mengadakan acara keagamaan. Untuk rumah ibadah saja di sepanjang kampung yang tidak terlalu panjang dan dibatasi oleh kali morokrembangan ini terdapat sekitar 4 buah musholla yang dipakai sebagai sarana ibadah bagi warga Lasem Barat untuk menghadap kepada Tuhannya. Khusus untuk acara-acara keagamaan, jika anda berkunjung ke kampung ini maka yang anda lihat adalah acara yang bercita rasa desa namun berada di kota kosmopolitan seperti Surabaya. Ketika hari-hari khusus seperti hari keagamaan ini yang anda lihat adlah kegotongroyongan dari segenap warganya tidak mengenal iu tua, muda, anak-anak semuanya ikut menyukseskan acara tersebut, semua identitas seperti partai, organisasi dilepaskan semuanya untuk menyukseskan acara-acara seperti keagamaan, khas seperti masyarakat desa yang sudah jarang diketemukan di kota besar seperti Surabaya yang sepertinya sudah terjangkit jiwa individualistis pada warganya.

Tidak hanya pada hari-hari besar saja muncul jiwa kereligiusan dari warga namun hampir setiap aspek kehidupan dari warga di Lasem Barat sudah sangat kental dengan nilai-nilai agama islam meskipun tidak terlalu kentara seperti daerah-daerah yang memang sejak dari awal sudah bernafaskan agama islam seperti ampel yang merupakan daerah yang berdekatan dengan makam sunan ampel salah seorang walisongo yang memang sangat terkenal sehingga daerah itu pun kental dengan islam, daerah Lasem Barat ini benar-benar unik karena meskipun jauh dari tempat-tempat yang menjadi symbol-simbol keagamaan, malahan daerah ini diapit oleh symbol-simbol kemaksiatan namun tetap warganya serius menjalankan perintah agama bahkan boleh dibilang dalam beberapa hal bisa melebihi daerah-daerah yang banyak terdapat simbol-simbol agama.

Namun sayang, kini saya tidak lagi sering berada di kampung Lasem Barat karena seleas SMA saya harus melanjutkan kuliah di kota Malang, namun sesekali saya juga sering pulang ke Surabaya dan berada di kampung Lasem Barat yang benar-benar mengajarkan saya tentang jiwa agama yang benar-benar murni dan tulus ditengah keadaan atau lingkungan sekitar yang sama sekali tidak mendukung untuk menjalankan ajaran agama. Saya hanya terus berharap agar apa yang ada si kampung Lasem Barat saat ini terus terpelihara sampai kapanpun, bahkan kalau bisa pemkot Surabaya menjadikan kampung ini proyek percontohan kampung religi untuk kota Surabaya yang masyarakatnya sudah banyak kehilangan identitas agamanya karena terlalu sibuk dengan pekerjaanya.

*Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UMM & Ketua Umum HMJ Biologi UMM

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP