21 Agustus 2008

Problematika Guru


Profesi guru selalu mendapat sorotan dari banyak kalangan. Apakah itu berupa pujian dan sanjungan atau berupa keprihatinan, bahkan tak jarang kritikan-kritikan pedas. Sorotan yang dilontarkan oleh berbagai pihak kepada guru tentu memberi dampak positif maupun negative. Dampak positifnya yaitu membuka mata dan menggerakan hati pejabat penentu kependidikan di lingkungan kependidikan untuk mencari pemecahan masalah yang dihadapi guru dan sekolah.
Dalam membuat atau menetapkan aturan kiranya suara guru perlu didengarkan. Karena sudah barang tentu para gurulah yang mengalami seluruh permasalahan secara langsung. Tidak jarang, guru bersama kepala sekolah banyak mengalami kesulitan dalam upayanya mencerdaskan anak bangsa. Di samping itu, bantuan yang diberikan kepada sekolah belumlah merata. Ada sekolah yang mampu namun mendapatkan bantuan dari berbagai sumber, sedangkan sekolah yang sangat membutuhkan bahkan tidak mendapatkan bantuan sama sekali.sungguh aneh jika bantuan terhadap sekolah hanya berdasarkan lobi-lobi atau kedekatan semata. Semestinya penentu kebijakan, baik pusat maupun daerah, memperhatikan usul dan keluhan pihak sekolah, diikuti pengecekan ke lapangan guna mengumpulkan bahan pertimbangan, untuk selanjutnya membuat skala prioritas, sekolah mana yang lebih mendesak untuk diberi bantuan.
Selain itu, para guru sangat mendambakan penyegaran dengan mengikuti pelatihan-pelatihan guna menambah wawasan, baik pada skala nasional maupun regional. Ini sangat penting agar guru tetap dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan pendidikan. Problem lain yang sering dihadapi sekolah yaitu tidak tersedianya guru mata pelajaran tertentu. Akibatnya terpaksa guru yang tidak memiliki kompetensi mengajar mata pelajaran tertentu. Jika hal ini dibiarkan terlarut-larut tentu akan berdampak negative pada hasil belajar siswa. Dalam hal menetapkan aturan, pemerintah dan instansi terkait hemdaknya tidak terburu-buru. Di samping itu perlu ada sosialisasi sebelum aturan tersebut diberlakukan. Dengan demikian pihak sekolah atau pun guru dapat bernafas untuk mencari langkah-langkah maupun strategi yang akan dilakukan sehinggga aturan tersebut dapat diterapkan secara optimal.
Dampak negatif dari semua masalah ini yaitu bila yang selalu dipersalahkan adalah para guru, dikhawatirkan guru akan menjadi pasrah menerima nasibnya. Padahal kita tahu hal tersebut disebabkan berbagai factor. Untuk itu mari kita renungkan bersama, apa dan bagaimana cara menemukan solusi problem guru dan sekolah. Pada giliranya nanti, pasti mutu pendidikan di bumi Nusantara ini meroket dan mampu bersaing dengan Negara-negara di belahan dunia lain.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP