31 Agustus 2008

Sekolah Gratis (Dimuat di Surya Sabtu 17 Mei 2008)



Sebelum mengadakan pembelajaran dan untuk mengambil hati masyarakat, kami mengadakan nonton bareng film Denias Senandung di Atas Awan.
Siapa bilang negeri yang sedang ribut mengurusi kenaikan BBM ini bebas dari buta huruf? Di Desa Sukosari, Malang Selatan, sebagian besar tak bisa membaca apalagi menulis. Mereka umumnya berasal dari kalangan tua.

Kami yang pernah KKN di desa ini membuat proposal lomba yang diadakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Depdiknas). Proposal ini didikutkan di bidang Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) periode 2008.

Setelah menunggu hampir lima bulan, proposal itu lolos seleksi dan layak didanai Dirjen Dikti. Meski gembira, kami masih harus memutar strategi agar program bisa lancar. Pada tahap awal dibantu seorang guru yang mengajar di satu-satunya sekolah yang ada di Desa Sukosari. Dia guru sekaligus Kepala SD Al Hidayah.

Sebelum mengadakan pembelajaran dan untuk mengambil hati masyarakat, kami mengadakan nonton bareng film Denias Senandung di Atas Awan. Film ini sangat cocok untuk membangkitkan keinginan untuk sekolah. Sayang, karena listrik tak memadai, film ini tak bisa diputar hingga selesai.
Keesokan harinya kami mengadakan lomba khusus untuk anak-anak dengan tema menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pemberitahuan kepada warga bahwa ada sekolah gratis untuk pemberantasan buta huruf di desa mereka.

Pada waktu pelaksanaan, kami sempat pesimistis melihat peserta yang datang sangat kurang dari target. Namun lama-lama peserta yang datang semakin banyak. Rasanya tak sia-sia kami harus datang ke desa di atas bukit ini.
Melihat warga bersemangat belajar meski dengan susah payah, semua lelah terbayar. Apalagi ketika mereka ikut ujian dan mendapat sertifikat melek aksara. Meskipun program ini telah selesai namun pengalaman yang saya dapatkan di Desa Sukosari membuat terkesan. Warga yang sederhana ini dengan tulus belajar bersungguh-sunggu

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP