31 Agustus 2008

Pembelajaran Berbasis Flash


Kesulitan belajar acapkali dialami oleh para siswa baik itu siswa SD, SMP, maupun SMA. Kesulitan belajar ini hampir mereka dapatkan di hampir semua mata pelajaran baik itu di mata pelajaran IPA seperti fisika, kimia, biologi, maupun mata pelajaran IPS seperti ekonomi, sosiologi dan lain-lain.
Dengan banyaknya kesulitan belajar yang dialami oleh para siswa, maka banyaklah bermunculan lembaga bimbingan belajar atau kursus yang menawarkan berbagai macam bantuan untuk mengatasi kesulitann belajar dari para siswa terhadap berbagai macam mata pelajaran yang mereka merasa kesulitan untuk mempelajarinya.
Selain munculnya berbagai lembaga bimbingan belajar, para siswa pun bisa memanfaatkan berbagai maam media yang relevan untuk pembelajaran salah satu contoh dari media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran adalah Macromedia Flash. Media flash mempunyai banyak keunggulan dibandingkan media yang sejenis terutama Power Point, beberapa keunggulan dari Macromedia Flash adalah: Program khusus untuk membuat animasi, Banyak fasilitas yang tersedia untuk membuat animasi, terdapat bahasa pemrograman untuk menggerakkan teks atau gambar sehingga terlihat lebih interaktif.
Saat ini mungkin banyak orang terutama siswa dan guru menganggap sulit membuat media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash, padahal sebenarnya mudah dan tentunya hasil yang didapatkan terasa lebih menarik. Banyak penelitian atau uji coba yang membuktikan bahwa media flash sangat membantu menarik minat siswa untuk mempelajari mata pelajaran terutama mata pelajaran yang saat ini dianggap menakutkan seperti Bahasa Inggris, Matematika untuk lebih mempelajari mata kuliah tersebut karena penyajian dengan menggunakan media flash terbukti lebin menarik siswa sehingga ketika siswa sudah lebih mudah memahami mata pelajaran yang diberikan maka hal ini akan berimbas kepada nilai mereka yang nantinya akan meningkat.
Dengan semakin meningkatnya persaingan global dan kecanggihan teknologi maka para guru diharapkan lebih merespon tuntutan ini dengan berlomba memberikan pembelajaran yang bermutu dan menarik kepada siswa salah satunya dengan menggunakan media flash karena media ini mudah dalam membuatnya dan sudah banyak terbukti dapat meningkatkan nilai dari para siswa karena media ini sangat menarik jika digunakan untuk pembelajaran.
Namun, meskipun media yang digunakan semenarik apapun tetaplah semuanya kembali kepada para siswa, seberapa besar niat mereka untuk bisa menguasai mata pelajaran, karena percuma saja meski didukung dengan media pembelajaran yang semenarik apapun tetaplah tidak akan berguna jika para siswa tidak serius untuk mempelajari mata pelajaran tersebut karena media tersebut tidak aka nada artinya, tetapi jika para siswa tersebut sudah mempunyai keingginan yang tinggi untuk mempelajari mata pelajaran tersebut dan juga didukung dengan media pembelajaran yang menarik, aplikatif dan mudah dimengerti oleh para siswa tersebut maka dapat dijamin bahwa nantinya nilai dari para siswa tersebut akan meningkat, terutama juga yang terpenting adalah mutu dari para siswa tersebut akan meningkat dan dapat bersaing. Apalagi saat ini ditengah nilai UAN yang semakin meningkat dan dirasa memberatkan siswa maa tidak salahnya jika para guru mencoba untuk menggunakan media flash dalam pembelajaran mereka, sehingga diharapkan nantinya para siswa aan lebih mengerti dengan mata pelajaran tersebut dan pada akhirnya para siswa akan mempunyai nilai yang tinggi dan lebih penting lagi dapat lulus UAN.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP